PT. KONTAK PERKASA FUTURES MAKASSAR

6 Jurus Kendalikan Pengeluaran biar Kantong Tak Jebol

064377800_1554903042-apple-brainstorming-camera-908288

PT Kontak Perkasa Futures – Nafsu berbelanja kadang sulit dikendalikan bagi sebagian orang. Alhasil, pendapatan yang didapat hanya keluar begitu saja tanpa bisa dihentikan.

Kondisi ini tentu dapat membuat kondisi finansial semakin memburuk. Bisa jadi Anda juga menumpuk utang di waktu bersamaan.

Demi mengatasi kebiasaan boros tersebut, menyusun anggaran pengeluaran dapat menjadi salah satu kunci. Sayangnya banyak orang yang kesulitan mematuhi anggaran yang dibuatnya sendiri.

Agara tetap bisa terjaga, berikut enam jurus agar buat mengendalikan pengeluaran, melansir Lifehack.org, Rabu (18/12/2019).

1. Buat anggaran pengeluaran

Banyak orang yang merasa membuat anggaran pengeluaran tiap bulan sebagai hal yang terlalu rumit. Jangan takut, menyusun anggaran keuangan pribadi sebenarnya menyenangkan. Bahkan jika Anda membeli barang-barang murah, rencana keuangan tetap menjadi bagian yang penting.

Buatlah sejumlah kategori pengeluaran mulai dari makanan, kebutuhan dapur hingga bahan bakar kendaraan. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah menyusunnya dan terhindar dari kebiasaan boros.

2. Bersikap realistis

Setiap orang pasti ingin memiliki banyak uang dengan jumlah tak terbatas. Tapi ingat, Anda juga harus realistis dengan jumlah penghasilan dan pengeluaran pribadi.

Lihatlah jumlah uang di rekening Anda dan pikirkan bagaimana menggunakannya dengan benar. Sekali saja Anda mampu melakukannya, maka Anda tak akan pernah mengeluarkan uang lebih banyak dari yang dimiliki.

3. Kurangi pengeluaran

Jangan bersikap boros melebihi penghasilan Anda. Jika pengeluaran pribadi melampaui total yang dihasilkan, keuangan Anda akan mudah goyah.

Ingat, Anda boleh menggunakan uang pribadi untuk kesenangan sendiri, tapi jangan lupa menabung dan mengendalikannya.

4. Melatih disiplin diri

Tak sedikit orang yang gagal saat mencoba mematuhi anggaran pengeluaran yang dibuatnya. Itu bukan masalah, yang paling penting Anda terus mencoba dan tidak menyerah melakukannya.

Anggap saja pelanggaran anggaran keuangan yang dilakukan sebagai bagian dari pelatihan mematuhi anggaran di masa depan.

5. Membuat daftar kebutuhan pribadi

Jika Anda tidak menuliskan daftar kebutuhan pribadi beserta pengeluaran yang dibutuhkan, mustahil Anda bisa terhindar dari kebiasaan boros. Tulislah seluruh rencana pengeluaran Anda dan prediksi berapa uang yang bisa ditabung dalam waktu yang sama.

6. Patuhi target keuangan

Meski membuat anggara pengeluaran demi menghemat uang merupakan hal yang menjenuhkan, Anda tinggal mengubahnya menjadi kegiatan yang menyenangkan. Mulailah dengan membayangkan betapa banyaknya peluang yang terbentang untuk menjadi kaya di masa depan.

Kontak Perkasa Futures
PT Kontak perkasa
PT KP Press

Source Liputan6