PT. KONTAK PERKASA FUTURES MAKASSAR

Beberapa Poin Penting dalam Pialang Berjangka yang Harus di Perhatikan oleh Investor

pialang berjangka

KONTAK PERKASA FUTURES – Walaupun memiliki reputasi sebagai investasi super sulit yang cenderung membuat rugi, trading bersama pialang berjangka sebenarnya masih memiliki potensi sebagai salah satu sumber investasi dengan hasil besar walaupun membutuhkan kemauan belajar dan pemahaman mendalam akan berbagai aspek trading. Akan tetapi, tak bisa dipungkiri bahwa resiko besar ini sangat mungkin terjadi dan bahkan semua investor sukses selalu mengalami masa-masa dimana mereka mendapat kerugian.

Setiap investor yang baik seharusnya belajar untuk melakukan trading berjangka dengan baik seiring waktu, idealnya belajar dari wakil pialang yang ditunjuk untuk mewakilinya. Akan tetapi, sebagai tempat berinvestasi, perusahaan pialang berjangka juga diwajibkan untuk menyampaikan beberapa hal penting yang harus diketahui investor, agar ketika rugi, perusahaan tak disalahkan kecuali jika kerugian itu memang diakibatkan oleh perusahaan yang tak jujur.

 

Poin Penting dari Semua Pialang Berjangka

Apa saja hal-hal yang akan disampaikan oleh pialang berjangka? Berikut beberapa poin penting tersebut untuk diperhatikan oleh si calon investor:

– Investor harus ingat bahwa trading berjangka bukan jenis usaha yang bisa dilakukan semua orang, dengan persentase kemungkinan rugi yang cukup tinggi jika gagal. Malah, jumlah kerugian bisa jadi melebihi modal yang pertama kali disetor. Investasi yang sedikit bisa Anda gunakan untuk membuka peluang memeroleh profit besar (leverage), tetapi jika rugi, maka kerugiannya akan melebihi modal tersebut.

– Investor harus menghindari menggunakan dana yang sifatnya penting untuk dijadikan modal berinvestasi bersama broker berjangka, misalnya dana sehari-sehari, dana untuk uang sekolah anak, dana asuransi dan dana pensiun karena sifat kerugian trading berjangka yang bisa sangat besar.

– Investor sebaiknya tidak terjebak dalam iming-iming keuntungan besar, cepat dan mudah dari sebuah perusahaan pialang berjangka. Investasi ini sama seperti investasi lainnya, yaitu memiliki resiko bahkan resikonya cenderung besar.

– Semua kerugian dan keuntungan akan diubah menjadi transaksi yang langsung ditarik atau ditransfer dari dan ke rekening sang investor. Jika ada tanda-tanda penurunan, investor wajib menyetorkan uang sebagai tambahan modal agar jumlah modalnya tidak berada di bawah batas minimum yang ditetapkan perusahaan broker berjangka tersebut.

– Investor bisa dilikuidasi secara otomatis jika jumlah modalnya berada di bawah batas minimum jumlah modal yang ditetapkan oleh perusahaan pialang berjangka yang diikutinya. Investor yang dilikuidasi secara otomatis pun tak akan bisa lagi melakukan transaksi.

– Kerugian yang dialami investor bisa diakibatkan oleh kesalahan teknis dan sistem, misalnya kesalahan informasi harga pasar, kesalahan sistem yang mendukung transaksi  dan sebagainya. Hal ini bisa mengakibatkan perubahan berarti pada transaksi, keuntungan dan kerugian investor. Dalam hal ini, wakil pialang yang mendampingi investor juga tak memikul tanggung jawab.

– Investor wajib memiliki wawasan tentang trading berjangka, karena suatu strategi yang dipraktekkan pada satu saat mungkin tak berguna jika dipraktekkan di saat lainnya lagi.

– Akan ada saat-saat dimana seorang investor tidak bisa melakuka likuidasi posisi yang berakibat pada keuntungn dan kerugian; investor jadi tak bisa mendapat keuntungan atau melakukan metode untuk mencegah kerugian. Hal seperti ini bisa saja terjadi ketika ada kerusakan sistem maupun deteksi terjadinya transaksi yang sifatnya tak lazim di pasar. Hal ini juga bisa terjadi ketika investor terjebak berada dalam pasar yang ternyata kurang atau tidak likuid.

Semua informasi ini wajib disampaikan kepada perusahaan pialang berjangka ke calon investor agar yang bersangkutan memahami untung ruginya.