PT. KONTAK PERKASA FUTURES MAKASSAR

Ekonomi Dunia akan Tumbuh 4,2 Persen di 2021

ilustrasi-IHSG-140526-2-andri

Kontak Perkasa Futures – The Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) memperkirakan ekonomi global akan pulih dari pandem Covid-19 di 2021. Pada tahun tersebut ekonomi dunia akan tumbuh 4,2 persen.

Sekretaris jenderal OECD Angel Gurria menyatakan, OECD mengestimasi pertumbuhan ekonomi naik 4,2 persen di 2021 setelah diperkirakan minus 4,2 persen di tahun ini.

Gurria sendiri melihat bahwa prospek kedepannya akan terlihat kuat, tetapi dirinya memperkirakan hampir semua pertumbuhan ekonomi negara-negara dunia akan lebih kecil pada akhir 2021 jika dibandingkan dengan periode yang sama di 2019.

Bermunculannya pengumuman baru-baru ini tentang vaksin corona Covid-19, dianggap oleh Gurria memberikan sebuah harapan yang sangat dibutuhkan. Walaupun begitu, dirinya mengatakan, “Kita masih belum keluar dari hutan dan masih banyak negara saat ini sedang memerangi gelombang susulan virus serta kembalinya penerapan kebijakan-kebijakan penahanan penyebaran virus, akan merusak pemulihan ekonomi yang perlahan sudah mulai terlihat,” kata dia mengutip dari VOA News, Jumat (4/11/2020).

OECD sendiri memperkirakan pemulihan ekonomi di 2021 akan dipimpin China. Ekonom OECD Laurence Boone mengatakan, China dan Korea menangani pandemi lebih baik daripada kebanyakan negara. Selain itu dirinya juga yakin bahwa ekonomi kedua negara tersebut berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi global sangat signifikan.

Dari wilayah Eropa dan Amerika Serikat sendiri di ekspektasi hanya memberikan kontribusi yang tidak banyak pada pemulihan dibandingkan dengan bobot ekonomi global mereka.

PT Kontak Perkasa Futures
PT Kontak Perkasa
PT KP Press

Source liputan6