PT. KONTAK PERKASA FUTURES MAKASSAR

Harga Emas Antam Terbang Rp12.000/Gram, Jual atau Beli Ya?

8e99d83f-f150-4d7c-9630-98669e269d6a_169

Kontak Perkasa Futures – Perlahan tapi pasti, secara bertahap harga emas yang diproduksi Antam terus naik, naik, dan naik ke Rp 665.000 per gram dan menjadi level tertinggi sepanjang masa pada 3 Juli.

Hari ini, harga emas Antam naik kembali menjadi Rp 662.000 per gram karena terdongkrak harga emas global yang juga hampir menyentuh level tertingginya sejak Mei 2013.

Pada awal Juli, kilau emas semakin bersinar karena ademnya AS-China, dan hari ini kenaikan harga emas didorong oleh sentimen pidato Powell semalam.

Jika Anda adalah pemilik emas Antam, langkah terbaik memang menunggu hingga pasar lebih jinak, karena tidak perlu bertindak buru-buru.

Apalagi, harga pasaran emas global diprediksi masih bisa naik karena kondisi sosial ekonomi dunia belum damai benar, seperti kasus minyak dan Timur Tengah, Brexit, perang dagang AS-Eropa AS-India AS-China, serta perlambatan laju ekonomi global.

Dengan risiko tersebut, pelaku pasar memprediksi harga emas global masih bisa naik lagi ke level psikologis US$ 1.500 per troy ounce di akhir kuartal III-2019.

Jika emas global bisa naik dari kisaran US$ 1.400 per troy ounce saat ini menjadi US$ 1.500 per troy ounce, maka harga emas Antam juga masih bisa naik sekitar 5% lagi menjadi Rp 731.600 per gram.

Selain karena potensi penguatan masih terbuka, dari sisi pengelolaan keuangan, menjual satu instrumen investasi ketika harga tinggi bukanlah hal yang bijaksana.

Menjual instrumen investasi disarankan tidak seluruh jumlah total instrumen terkait, tetapi cukup keuntungannya sehingga porsi masing-masing instrumen yang ada di dalam portofolio tetap terjaga (rebalancing).

Rebalancing disarankan untuk dilakukan secara rutin, baik setengah tahun sekali atau sekurangnya setahun sekali.

Nah, bagi Anda yang belum memiliki instrumen emas, ada baiknya Anda mulai mengalokasikan sebagian investasi ke instrumen emas karena sifat emas yang unik.

Emas unik karena sifat dasarnya sebagai alat lindung nilai (hedging) dari investasi dalam bentuk lain, terutama investasi di pasar keuangan, karena pergerakannya akan berbalik dari arah pasar keuangan global.

Sehingga, jika pasar keuangan global sedang bergerak negatif, maka emas justru akan menguat. Jadi, bagi yang belum punya emas, mulailah memiliki emas dan nantinya bisa naik-naik ke puncak harga emas pada tren berikutnya.

www.cnbcindonesia.com/investment/20190711155727-21-84258/harga-emas-antam-terbang-rp12000-gram-jual-atau-beli-ya

Leave a Reply