PT. KONTAK PERKASA FUTURES MAKASSAR

Harga Emas di Jalur Kenaikan Mingguan Terbaik dalam 4 Bulan

026127600_1538739777-20181005-Emas-Antam-6

Kontak Perkasa Futures – Harga emas dunia menguat masuk ke pekan terbaik dalam lebih dari empat bulan. Kenaikan harga dipicu perdagangan yang minim didukung kondisi ekonomi global seiring kekhawatiran tentang pertumbuhan dan ketidakpastian perdagangan China-AS.

Melansir laman Reuters, harga emas di pasar spot naik 0,1 persen menjadi USD 1.513,36 per ons. Harga telah naik ke level tertinggi dalam hampir dua bulan dari USD 1.515,09.

Dalam sepekan, harga emas telah naik lebih dari 2 persen, terbesar sejak pekan yang berakhir 9 Agustus. Adapun harga emas berjangka Amerika Serikat (AS) tercatat 0,2 persen menjadi USD 1.518,10 per ons.

“Meski banyak berita positif tentang kesepakatan perdagangan AS-China, namun smeua itu belum tersegel di atas kertas. Itu membuat investor sedikit berhati-hati, ” kata ChrisGaffney, Presiden Pasar Dunia di TIAA Bank.

Beijing mengatakan pada hari Rabu jika pihaknya mendekati kesepakatan dengan Washington terkait penandatanganan perjanjian perdagangan. Ini sehari setelah Presiden Donald Trump mengatakan hal sama. Namun, investor tetap khawatir akan hal ini.

Pertikaian perdagangan antara China dan AS berlangsung selama 17 bulan antara dua ekonomi terbesar di dunia. Ini telah memaksa banyak bank sentral untuk menggunakan pelonggaran moneter.

Logam Lainnya

Emas pun mendapat keuntungan dari lingkungan suku bunga yang lebih rendah dan tidak memberikan imbal hasil.

“Di sisi lain, catatan positif pada ekonomi global meningkatkan ekuitas dan membebani harga emas. Volume juga cukup rendah,” tambah Gaffney.

“Investor optimis bahwa harga emas akan naik di waktu dekat, dan mereka pun membeli ketika harga turun,” kata Michael Matousek, Kepala Pedagang di Investor Global AS.

Dia menambahkan, ketidakpastian ekonomi dan geopolitik dan kondisi utang juga memberikan dukungan terhadap harga emas.

Sementara harga perak turun 0,3 persen menjadi USD 17,84 per ons. Angka ini naik hampir 4 persen untuk minggu ini, memperpanjang kenaikan menjadi sepertiga minggu.

Harga Platinum naik 0,1 persen lebih tinggi menjadi USD 947,58 per ounce. Sementara paladium naik 0,3 persen menjadi USD 1.905.57 per ons, atau naik hampir 3 persen dalam seminggu.

PT Kontak Perkasa Futures
PT Kontak Perkasa
PT KP Press

Liputan6