PT. KONTAK PERKASA FUTURES MAKASSAR

Harga emas turun tipis namun naik 1,48 persen selama sepekan

KONTAK PERKASA FUTURES – Harga emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange berakhir sedikit lebih rendah pada Jumat (Sabtu pagi WIB) karena aksi ambil untung, meskipun dolar AS melemah.

Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Agustus jatuh 3,60 dolar AS, atau 0,28 persen, menjadi menetap di 1.294,80 dolar AS per ounce.

Namun, menurut Xinhua, emas naik 1,48 persen untuk seminggu.

Aksi ambil untung adalah ciri hari ini karena para pedagang menjual kontrak emas sehingga menekan harga logam mulia, sekalipun saat nilai tukar dolar AS jatuh terhadap mata uang utama lainnya pada Jumat, menurut analis.

Para analis juga mencatat bahwa harga emas merosot karena kekhawatiran potensi keluarnya Inggris dari Uni Eropa surut ketika politisi Inggris Jo Cox dibunuh.

“Pembunuhan malang politisi Inggris (pro-tetap), Jo Cox, telah menyebabkan penghentian sementara kampanye seputar pemungutan suara Brexit di Inggris,” kata Stephen Guilfoyle, direktur pelaksana Deep Value pada Jumat.

Perak untuk pengiriman Juli turun 19,60 sen, atau 1,11 persen, menjadi ditutup pada 17,411 dolar AS per ounce. Platinum untuk pengiriman Juli turun 12,20 dolar AS, atau 1,25 persen, menjadi ditutup pada 966,10 dolar AS per ounce.

COPYRIGHT © ANTARA 2016