PT. KONTAK PERKASA FUTURES MAKASSAR

Indeks Hang Seng ditutup naik | PT. KONTAKPERKASA FUTURES MKS

2

PT. KONTAK PERKASA FUTURES MAKASSAR – Saham-saham Hong Kong berakhir naik lebih dari satu persen pada Selasa, pulih dari penurunan Senin dibantu oleh berlanjutnya arus masuk uang dari investor China daratan.

Tetapi para investor bersiap untuk menghadapi penurunan arus dari China, karena skema Shanghai-Hong Kong Stock Connect akan ditangguhkan mulai 29 September hingga 10 Oktober karena liburan Hari Nasional China.

Indeks Hang Seng (HSI) naik 1,1 persen menjadi ditutup pada 23.571,90 poin, sedangkan indeks CEI (China Enterprises Index) bertambah 1,2 persen menjadi 9.746,56.

Hampir semua sektor menguat, dengan saham-saham keuangan memimpin keuntungan.

Investor Tiongkok membeli 3,6 miliar yuan (539,90 juta dolar AS) saham Hong Kong pada Selasa, melalui skema Shanghai-Hong Kong Connect, mempertahankan tren aliran kuat baru-baru ini.

Tetapi suspensi skema lintas batas yang dimulai Kamis (29/9) mungkin berdampak pada likuiditas pasar, karena “Arus masuk uang China telah menjadi faktor penting di balik reli kuat baru-baru ini,” kata Linus Yip, ahli strategi di First Shanghai Securities Ltd, demikian Reuters melaporkan. Sedangkan Kurs tengah nilai tukar mata uang Tiongkok renminbi atau yuan, menguat 98 basis poin menjadi 6,6646 terhadap dolar AS pada Selasa, menurut Sistem Perdagangan Valuta Asing Tiongkok.

Di pasar spot valuta asing Tiongkok, yuan diperbolehkan untuk naik atau turun sebesar dua persen dari tingkat paritas tengahnya setiap hari perdagangan.

Kurs tengah yuan terhadap dolar AS didasarkan pada rata-rata tertimbang harga yang ditawarkan oleh pelaku pasar sebelum pembukaan pasar uang antar bank setiap hari kerja. Membuat Saham-saham Tiongkok dibuka lebih rendah pada Selasa, dengan indeks komposit Shanghai turun 0,2 persen menjadi diperdagangkan pada 2.974,59 poin.

Indeks komposit Shenzhen yang melacak saham-saham di bursa kedua Tiongkok, dibuka melemah 0,17 persen menjadi diperdagangkan pada 10.375,35 poin.

Sementara itu, indeks ChiNext yang melacak saham-saham perusahaan sedang berkembang di papan perdagangan bergaya NASDAQ Tiongkok, dibuka berkurang 0,19 persen menjadi diperdagangkan di 2.118,95 poin. COPYRIGHT © ANTARA 2016

PT. KONTAK PERKASA FUTURES MAKASSAR