PT. KONTAK PERKASA FUTURES MAKASSAR

Kontak Perkasa;Belajar Mendengarkan Gaya Oprah, Kunci dari Kesuksesan

Gambar 34

Kontak Perkasa – Apakah Anda termasuk di antara para penggemar acara bincang-bincang Oprah Winfrey? Jika ya, Anda pasti tahu bahwa hal paling menarik dalam acara tersebut adalah topiknya yang beragam mulai dari yang lucu hingga tragis, serta kemampuan Oprah untuk membuat narasumber manapun merasa nyaman menceritakan kisah mereka sebagai bahan renungan dan pembelajaran untuk hadirin. Ya, di antara berbagai acara bincang-bincang, Oprah Winfrey Show adalah yang paling sukses justru karena motivasi bisnis di baliknya sederhana: dengarkan!

Belajar Mendengar agar Sukses

Gaya bincang-bincang acara Oprah Winfrey Show berakar dari karir Oprah sebagai jurnalis TV, di mana ia memberikan konsep baru dalam peliputan acara berupa interaksi yang lebih dekat dalam jarak lebih personal dengan narasumbernya, dimana hal ini justru malah dihindari oleh banyak stasun TV pada masanya. Konsep itu membuat para pemirsa TV merasa dekat dengan peristiwa yang diliput Oprah dan ikut terbawa secara emosional dan empatik, dan konsep itu diterapkan juga ke dalam acara bincang-bincang Oprah. Gaya Oprah membawakan acara pun dibuat sangat empatik; Oprah duduk bersama narasumber di satu set sofa tanpa dibatasi meja, duduk dengan santai seolah mereka hanya berbincang di ruang tamu.

Gaya membawakan acara yang empatik dan bergaya ‘mendengarkan’ ini pun dengan cepat meraih popularitas. Banyak orang yang tadinya memiliki kisah yang tak mau mereka ceritakan, menjadi percaya diri untuk bercerita di Oprah Winfrey Show. Bahkan, Oprah pun mendapat banyak teman sekaligus koneksi di antara orang-orang besar seperti aktris dan aktor, penulis, penyanyi, pebisnis dan sebagainya. Bukan hanya membuatnya memeroleh teman, gaya mendengarkan yang empatik ini pun menjadi motivasi bisnis baginya untuk terus membangun jaringan yang sangat berguna bagi karirnya.

Singkatnya, kesuksesan Oprah berakar dari kemampuannya memanfaatkan kemampuan untuk mendengar menjadi suatu sumber kesuksesan. Walaupun musim penayangan Oprah Winfrey Show telah berakhir dan banyak acara serupa yang mengambil konsep serupa, tak akan ada yang bisa mengalahkan kepopuleran Oprah Winfrey Show setelah 25 tahun mengudara.

Mendengarkan sebagai Konsep Sukses

Mendengarkan dengan baik bisa menjadi motivasi bisnis yang baik; Anda mungkin bukan Oprah Winfrey, namun menerapkan konsep ‘mendengar dengan baik’ dalam bisnis jelas akan membuat Anda jauh lebih diuntungkan. Manfaat mendengarkan sangat banyak; Anda bisa mengetahui jika konsumen ingin menyampaikan sesuatu tentang pelayanan atau produk Anda. Anda bisa tahu jika anggota tim merasa ada sesuatu yang patut dikritik dari kinerja Anda. Anda bisa mengetahui jika ada orang di anggota tim Anda yang mengalami masalah.

Mendengarkan dengan baik bukan hanya soal mengetahui informasi yang masuk dan keluar; ini juga tentang memahami masalah yang terjadi dan memberikan respon yang paling baik tentang hal tersebut. Seperti Oprah yang mendengarkan tiap kisah narasumber bahkan yang paling tak bisa dipercaya dan kemudian memberi tanggapan yang tepat, Anda pun bisa memutuskan sesuatu dengan lebih bijaksana ketika Anda memaksa diri untuk mendengarkan dulu.

Dengan mendengarkan, Anda belajar berempati terhadap orang lain baik konsumen maupun bawahan. Dengan mendengarkan, Anda menjadi lebih peka terhadap masalah yang ada di sekitar Anda, termasuk masalah yang berkaitan dengan dan bisa mengancam bisnis Anda. Anda pun bisa bertindak lebih bijaksana ketika menghadapi suatu masalah karena telah mendengarkan apa yang terjadi dan memikirkan alternatif tindakan dengan tenang. Belajarlah mendengarkan sebagai salah satu kiat motivasi bisnis sukses.