PT. KONTAK PERKASA FUTURES MAKASSAR

Logo Bisnis Simbol untuk Mencerminkan Visi dan misi Perusahaan

Logo bisnis

KONTAK PERKASA FUTURES – Ketika kita berencana untuk membangun sebuah kerajaan bisnis, sebagai seorang raja atau pemilik perusahaan kita harus memikirkan visi, misi, dan juga moto perusahaan. Tanpa adanya visi dan misi yang jelas, perusahaan akan berjalan tanpa arah yang jelas. Ini tentu berakibat fatal terhadap kemajuan perusahaan tersebut sendiri. Logo bisnis adalah salah satu simbol untuk mencerminkan visi dan misi perusahaan.

Dalam rangka merebut pasar ditengah persaingan yang semakin ketat, selain keunikan produk, harga, dan pelayanan, pengusaha juga perlu memikirkan logo yang tepat bagi perusahaan. Keberadaan logo penting sebagai cerminan perusahaan dimata pasar. Sewajarnya, sebuah logo haruslah bersifat menarik, mudah diingat, berumur panjang, dan pastinya mewakili perusahaan tersebut. Tidak salah jika ahli ilmu ekonomi sering menyebut logo bisnis sebagai ‘wajah’ bagi sebuah perusahaan. Terlalu sering mengganti logo perusahaan juga patut dihindari, karena tidak baik bagi citra perusahaan di mata masyarakat. Tetapi dalam bisniskemungkinan tersebut masih dapat dibenarkan, pada kondisi-kondisi tertentu.

 

Penggantian Logo Perusahan

Ada beberapa alasan bagi sebuah perusahaan untuk mengubah logo perusahaan. Hal ini terjadi biasanya karena ada kepentingan mendesak yang mendasari perubahan tersebut. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Perubahan Fokus Bisnis

Terkadang, untuk menyiasati perekonomian perusahaan, seorang pengusaha perlu untuk memutuskan hal yang bersifat credential, salah satunya adalah merubah fokus bisnis. Perubahan bisnis ini bisa jadi mengganti fokus secara keseluruhan atau menambah dan atau mengurangi fokus tersebut. Untuk menggambarkan perubahan fokus bisnis, maka perusahaan perlu untuk merubah logo bisnis mereka, misalkan pada awalnya logo bernuansa ikan, kemudian berubah menjadi bernuansa ikan dan pertanian.

  • Perubahan Nama Perusahaan

Beberapa orang percaya bahwa nama memiliki andil besar terhadap kemajuan suatu perusahaan. Oleh karena itu, adakemungkinan jika perusahaan lambat berkembang atau kerap merugi maka akan diambil keputusan untuk merubah nama perusahaan. Pada kasus-kasus tertentu penggantian nama juga bisa didasari oleh adanya nama atau bunyi perusahaan lain yang sama dengan perusahaan tersebut, sehingga hal ini mungkin sering menimbulkan kebingungan pada konsumen ataupun partner.

Perubahan nama perusahaan mungkin tidak selalu diiringi dengan perubahan logo, tapi dikarenakan cukup banyak perusahaan yang menjadikan singkatan perusahaan mereka menjadi logo, maka ketika perusahaan tersebut merubah nama, yang pastinya singkatan  juga berubah, maka mau tidak mau logo bisnis mereka pun harus ikut berubah.

  • Perubahan Struktur Manajemen Perusahaan

Jika terjadi perubahan manajemen perusahaan, khususnya perubahan pada tingkat direktur atau pemegang saham, isu mengenai perubahan logo kadang diungkapkan. Terutama jika memang logo itu sudah berumur yang panjang, atau mungkin ada kejadian khusus yang memberikan efek negatif terhadap perusahaan tersebut. Kebutuhan ini bisa dikatakan dilakukan seperlunya saja, tergantung seperti kondisi seperti beberapa yang dicantumkan diatas.

  • Perubahan Visi dan Misi

Dalam situasi yang terus berkembang pada saat ini, ada kalanya keberadaan visi dan misi perusahaan tidak lagi sepadan dengan kenyataan yang ada pada saat ini. Contohnya saja ketika awal perusahaan dibangun, mereka memiliki perusahaan yang memiliki visi menjadi perusahaan tempe nomor satu di Indonesia. Ketika hal itu sudah tercapai, tentunya visi tersebut sudah tidak sepadan lagi, maka perlu adanya perubahan visi, misalnya menjadi mempertahankan kinerja agar tetap menjadi yang terdepan dengan produksi tempe terbaik. Ketika visi dan misi tersebut tercapai, perlu memeriksa keberadaan logo bisnis, apakah sudah sesuai dan menggambarkan keberadaan visi dan misi yang baru.

Dalam sebuah perusahaan segala hal memang dapat terjadi. Perubahan logo memang dapat dilaksanakan, tetapi untuk melaksanakannya memang harus dipikirkan dengan matang. Karena logo adalah sebuah tanda pengenal bisnis perusahaan di mata masyarakat.