PT. KONTAK PERKASA FUTURES MAKASSAR

Maskapai Vietnam beli 40 pesawat Airbus

KONTAK PERKASA FUTURES – Maskapai Vietnam membeli 40 pesawat dengan total nilai 6,5 miliar dolar AS dari Airbus Prancis pada Selasa, ketika Presiden Francois Hollande mengunjungi negara komunis tersebut untuk menjalin hubungan bisnis.

Maskapai pesawat swasta bertarif rendah VietJet membeli 20 pesawat, sedangkan maskapai nasional Vietnam Airlines dan maskapai bertarif rendah Jetstar Pacific masing-masing membeli 10 pesawat “senilai 6,5 miliar dolar AS” kata juru bicara Airbus Asia Sean Lee kepada AFP.

Namun, ia tidak memberikan rician nilai setiap pembelian tersebut.

Pembelian pesawat tersebut adalah kesepakatan pertama antara raksasa penerbangan Prancis Airbus dan Jetstar Pacific, yang mengatakan pada Juni bahwa mereka berencana untuk membeli 10 pesawat A320.

Vietnam Airlines, yang memiliki saham 70 persen dari Jetstar Pacific, akan membeli 10 pesawat Airbus A350, menurut para pejabat dalam sebuah acara penandatanganan yang dihadiri oleh Hollande dan Presiden Vietnam Tran Dai Quang di Hanoi.

Sementara maskapai VietJet mengatakan akan membeli 20 pesawat A321 untuk meningkatkan armada mereka saat ini dari 34 pesawat, yang semuanya adalah Airbus.

Sebelumnya, VietJet membeli 100 pesawat penumpang dari Boeing senilai 11,3 miliar AS, saat kunjungan Presiden AS Barack Obama ke nagara tersebut.

Itu merupakan pembelian pesawat komersial terbanyak dalam sejarah penerbangan Vietnam, demikian seperti dikutip dari AFP, Selasa.  (hs)

COPYRIGHT © ANTARA 2016