PT. KONTAK PERKASA FUTURES MAKASSAR

Mengetahui Nilai Konversi dalam Investasi Emas

investasi emas

KONTAK PERKASA FUTURES – Bila anda hendak melakukan investasi dengan emas dalam jumlah yang cukup besar, maka anda harus mengetahui beberapa hal terlebih dahulu, apalagi jika anda masih pemain baru dalam jenis perdagangan yang cukup menggiurkan ini. Jangan sampai keinginan anda untuk mendapatkan revenue besar-besaran dari investasi emas justru berakhir dengan kekecewaan dan kerugian.

Hal pertama yang harus anda perhatikan adalah kapan saat yang tepat untuk melakukan transaksi emas; yang dimaksud dengan transaksi disini adalah saat untuk melakukan penjualan dan saat untuk melakukan pembelian. Pastinya anda faham bahwa untuk mendapatkan keuntungan, harga jual harus lebih besar daripada harga beli. Hal ini juga berlaku dalam investasi emas. Lalu muncul pertanyaan mengenai pada saat apa biasanya emas akan menjadi tinggi.

 

Karakteristik harga emas

Sebenarnya kenaikan harga emas biasanya tidaklah terlalu tajam, walupun memang selalu mengalami kenaikan dari tahun ke tahun. Sehingga untuk gampangnya, anda cukup menyimpan emas dalam jangka waktu tertentu, maka otomatis ketika menjualnya kembali,maka kita akan mendapatkan keuntungan. Logika termudahnya memang seperti itu, tetapi ada kalanya ketika anda menjual, walaupun sudah menunggu sekian lama, harga emas tetap saja lebih rendah dari pada saat pembelian. Hal ini dimungkinkan terjadi apabila laju inflasi selalu stabil, dan tidak ada pergolakan politik yang cukup signifikan. Sehingga, banyak orang yang memilih untuk melakukan investasi pada bidang lain yang menawarkan jumlah keuntungan yang lebih besar daripada investasi emas. Mempertimbangkan hal ini, maka menunggu terlalu lama juga tidak memberikan jaminan bahwa anda akan mendapatkan harga yang bagus.

Salah satu sifat harga emas adalah fluktuatif; harganya selalu naik dan turun dalam tempo yang cepat. Disinilah letak seni dari trading emas. Anda sebagai investor harus benar-benar memiliki kemampuan melihat kondisi pasar, terutama pasar internasional. Sehingga, anda tidak perlu membuang waktu dan menanggung semua resiko yang mungkin terjadi dengan menyimpan emas dalam waktu yang lama. Ketika negara maju mengalami inflasi, maka efeknya akan positif terhadap harga emas; harga emas akan cenderung menjadi naik.

Misalnya, ketika terjadi inflasi ekonomi di Amerika Serikat, maka ini adalah saat yang tepat untuk melepas cadangan emas yang anda miliki, karena pada saat tersebut harga emas akan cenderung melambung. Sebaiknya hindari membeli emas pada kondisi seperti ini, sebab kemungkinan besar anda harus menunggu lebih lama lagi untuk melakukan penjualan berikutnya.

 

Menghitung Nilai Konversi

Setelah kita memiliki sedikit gambaran umum mengenai fluktuasi harga dan peluang investasi emas, maka tahap berikutnya adalah mempelajari bagaimana caranya menghitung harga emas dunia. Konsep dasar yang berlaku dalam perhitungan tersebut adalah emas dunia dihitung dalam bentuk satuan dollar dan berat dihitung dalam bentuk troy ounce. Di Indonesia, perhitungan harga emas menggunakan rupiah dan gram.

Untuk itu, anda perlu mengetahui nilai konversinya. 1 troy ounce itu setara dengan 31.1 gram emas. Sedangkan nilai tukar rupiah ke dolar mengikuti indeks harga dollar yang dikeluarkan oleh bank Indonesia. Langkah pertama yang bisa anda lakukan adalah mengubah satuan troy tersebut kedalam satuan gram. Untuk melakukan hal ini cukup sederhana, anda cukup membagi dengan angka 31.1. setelah kita menemukan nilai dalam bentuk gram, hal selanjutnya adalah mengubah dolar menjadi rupiah. Kemudian hasil konversi rupiah tadi dikalikan dengan hasil konversi berat emas. Nah, anda bisa mendapatkan hasil akhir dalam bentuk rupiah.