PT. KONTAK PERKASA FUTURES MAKASSAR

Minyak Anjlok, Batu Bara Ikut Tertekan

Minyak Anjlok, Batu Bara Ikut Tertekan

Kontak Perkasa – Harga batu bara turun lebih dari 1% pada akhir perdagangan Selasa (1/8/2017), bersama dengan anjloknya harga minyak mentah dunia.

Pada perdagangan Selasa, harga batu bara untuk kontrak September 2017, kontrak teraktif di bursa komoditas Rotterdam, ditutup merosot 1,39% atau 1,15 poin di posisi US$81,65/metrik ton.

Pelemahan kemarin sekaligus mengakhiri penguatan dua hari berturut-turut sebelumnya. Pada perdagangan Senin (31/7), harga batu bara kontrak September 2017 ditutup menanjak 1,10% di posisi US$82,80 per metrik ton.

Sementara itu, reli harga minyak mentah berakhir setelah anjlok ke bawah level US$50 per barel menyusul laporan lonjakan persediaan minyak mentah AS secara tak terduga.

Harga minyak West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman September 2017 ditutup di level US$49,16 per barel pada akhir perdagangan Selasa (Rabu pagi WIB).

WTI kemudian diperdagangkan di level US$48,68 per barel pada pukul 4:50 waktu New York di New York Mercantile Exchange dalam perdagangan aftermarket.

Sementara itu, minyak Brent untuk pengiriman Oktober 2017 berakhir turun 0,94 poin di level US$51,78 per barel di ICE Futures Europe exchange yang berbasis di London.

Berdasarkan laporan American Petroleum Institute (API) yang dirilis pada hari Selasa, cadangan minyak mentah AS naik 1,78 juta barel pekan lalu.

Persediaan Cushing, Oklahoma, naik sebesar 2,56 juta barel, sedangkan pasokan pasokan bensin turun 4,83 juta barel pekan lalu.

“Setiap kenaikan persediaan minyak menjadi negatif bagi pasar karena ini adalah waktunya persediaan turun secara alami,” kata James Williams, ekonom WTRG Economics, seperti dikutip dari Bloomberg. (sumber: bisnis.com)

PT Kontak Perkasa Futures