PT. KONTAK PERKASA FUTURES MAKASSAR

PT Kontakperkasa Futures – Indonesia Siap Lakukan Barter Komodity Dengan Rusia

Indonesia Siap Lakukan Barter Dengan Rusia

PT Kontakperkasa Futures – Indonesia Siap Lakukan Barter Komodity Dengan Rusia

Kontakperkasa – Indonesia mengatakan pada hari Selasa bahwa pihaknya akan menukar minyak kelapa sawit, kopi dan teh untuk jet tempur Rusia, dengan mengatakan bahwa mereka ingin memanfaatkan sanksi internasional di Moskow karena Menteri Luar Negeri Sergei Lavrov dijadwalkan tiba untuk kunjungan.

“Indonesia dan Rusia menandatangani sebuah nota kesepahaman untuk menukarkan 11 jet tempur Sukhoi buatan Rusia dengan komoditas utama di Moskow pekan lalu,” ujar seorang juru bicara Kementerian Perdagangan Indonesia.

“Gagasan itu diajukan tahun lalu dan beberapa orang menyarankan agar Indonesia menukar jet dengan komoditas utama kami,” ujar juru bicara Marolop Nainggolan kepada AFP.

Uni Eropa dan AS telah menargetkan Rusia dengan sanksi atas tuduhan mencampuri pemilihan presiden AS dan aneksasi Crimea di Ukraina. Namun, Menteri Perdagangan Indonesia Enggartiasto Lukita mengatakan sanksi tersebut, yang telah memaksa Rusia untuk mencari pasar baru untuk diimpor, bisa menjadi kabar baik bagi Jakarta.

Artikel Lainnya: Kontakperkasa

“Ini adalah kesempatan yang tidak boleh hilang dari genggaman kami,” ujarnya di Moskow pekan lalu, sebagaimana dikutip dari laman AFP, di Jakarta, Selasa 8 Agustus 2017.

“Kesepakatan tersebut, yang akan dilakukan antara Rostec dan PT Perusahaan Perdagangan Indonesia, dapat menjadi pembuka untuk kesepakatan perdagangan bilateral lebih lanjut yang berkaitan dengan energi dan penerbangan,” Lukita mengatakan.

Jangka waktu dan nilai tukar tersebut masih belum jelas kapan realisasinya. Rincian barter tersebut muncul saat Lavrov memulai kunjungan dua hari ke ekonomi terbesar di Asia Tenggara tersebut pada hari Selasa (8/8/2017).Penulis/Editor: Hafit Yudi Suprobo
Foto: Reuters/Sergei Karpukhin

Sumber: investing.com
Edited: PT Kontakperkasa Futures Makassar