PT. KONTAK PERKASA FUTURES MAKASSAR

PT Kontakperkasa Futures | Perjalanan Hidup Bos Produsen PC Terbesar Dunia, Michael Dell

203e30d0-2070-4932-98f0-2cae5cd2e593_169Dell menjadi salah satu produsen komputer terbesar di dunia. Kini, Dell hampir bisa ditemui hampir di seluruh toko gadget dan komputer.

Apabila kita menarik jauh menuju titik awal, produsen komputer ini dirintis oleh Michael Dell. Pria yang lahir di Texas, AS, 23 Februari 1965, merintis usahanya sejak di bangku sekolah.

Sejak kecil Michael mengaku ….. sudah jatuh cinta dengan komputer dan pasar saham. Ayahnya adalah pialang saham sekaligus ahli gigi lalu ibunya adalah manajer keuangan. Dua hal menginspirasi Dell lebih dari segalanya, pertama datang orang tuanya dan yang kedua adalah bisnis.

Pada usia 12, Michael mengoperasikan bisnis perdagangan surat-pesan untuk perangko dan kartu baseball dan menghasilkan US$ 2.000 atau setara dengan Rp 29 juta. Lalu masuk ke umur 14 tahun dirinya mulai memiliki komputer pertamanya yaitu Apple II, dapat komputer baru Michael langsung mempelajari dan mengembangkan kemampuan komputer tersebut.

Bahkan, Michael pun sempat berkerja paruh waktu pada divisi pemasaran Houston Post saat dia masih menyelesaikan sekolahnya di Memorial High School. Pekerjaan tersebut memberikan Michael pengalaman untuk mempelajari beberapa strategi penjualan yang berharga.

Salah satunya adalah bahwa pasangan yang baru menikah atau pendatang baru di daerah itu adalah calo pembeli potensial. Di usia mudanya, dalam setahun Michael berhasil mendapatkan US$ 18.000 atau setara dengan Rp 261 juta.

Michael memulai perusahaan komputernya di tahun 1984, dia membuat proyek ‘PC’s Limited” dengan uang tabungan sendiri, dan tambahan dari keluarganya. Dari situ Michael mulai merakit komputer dan menjualnya dengan garansi gratis setahun.

Karena mendirikan perusahaan maka Michael makin getol untuk mengoprek komputer, alhasil dia mengambil keputusan besar untuk berhenti studi di Universitas Texas. Saat-saat tersebut digunakan maksimal oleh Michael untuk merakit komputer.

Pada tahun 1992, Majalah Fortune memasukan perusahaan Michael menjadi salah satu 500 perusahaan teratas dunia. Berkat itu, Michael pun pernah menjadi CEO termuda pada usia 27 tahun.

Setelah 4 tahun pada tahun 1996, Michael mulai menjual komputer online dan meluncurkan server dan pertumbuhannya berlipat ganda dalam beberapa tahun dan menjadi mendunia. Mendekati masa tuanya, pada tahun 2004, posisi Michael sebagai CEO diambil alih oleh Kevin B. Rollins.

Michael pun ingat untuk berbagi, pada tahun 1999, bersama dengan Susan Dell, dia mendirikan Michael dan Susan Dell Foundation. Mereka menampung dan melayani anak-anak dan telah menyumbang lebih dari US$ 530 juta atau setara dengan Rp 7,8 triliun untuk mengembangkan masyarakat perkotaan di Amerika Serikat dan India pada tahun 2010.

Dia juga telah menyumbangkan US$ 65 juta atau setara Rp 9 miliar ke beberapa panti asuhan, yaitu Dell Pediatric Research Institute, Michael & Susan Dell Center untuk Kemajuan Hidup Sehat, dan Pusat Medis Anak Dell.

PT. Kontakperkasa Futures Makassar

source : www.finance.detik.com

Leave a Reply