PT. KONTAK PERKASA FUTURES MAKASSAR

Saham Jepang Ditutup Menguat Pasca Pernyataan Aso Tentang Penundaan Pajak

imagesKONTAK PERKASA FUTURES – Saham Jepang naik karena pelemahan yen yang mendorong keuntungan bagi eksportir dan menteri keuangan negara itu mengatakan bahwa pemerintah kemungkinan akan menunda kenaikan pajak penjualan yang direncanakan.

Indeks Topix naik 1 persen menjadi 1,379.80 pada penutupan di Tokyo, level tertinggi bulan ini dan catatkan kenaikan 2,9 persen di bulan Mei. Nikkei 225 Stock Average naik 1 persen menjadi 17,234.98. Yen membalikan keuntungan sebanyak 0,3 persen ke penurunan sebesar 0,1 persen, menyusul pelemahan 1,2 persen selama dua hari sebelumnya.

Menteri Keuangan Taro Aso mengatakan pada hari Selasa bahwa kelemahan pada konsumsi swasta dapat berarti bahwa sekarang bukan waktu untuk menaikkan pajak penjualan, yang direncanakan untuk bulan April tahun depan. Komentarnya menyuarakan kembali dari Hakubun Shimomura, seorang pembantu Perdana Menteri Shinzo Abe, yang mengatakan pada hari Minggu bahwa pungutan tersebut perlu ditunda sampai akhir 2019 untuk mempertahankan pemulihan ekonomi. Abe juga berencana untuk mengusulkan paket stimulus fiskal sebanyak 10 triliun yen ($ 90 milyar), surat kabar Nikkei melaporkan pada hari Senin.(mrv)