PT. KONTAK PERKASA FUTURES MAKASSAR

Sentimen Logam Membaik Dipimpin Paladium, Harga Emas Ikut Terkerek

9697

PT. Kontakperkasa Futures – Harga paladium melonjak ke rekor baru pada hari Selasa, didukung oleh kekhawatiran tentang menyusutnya pasokan logam katalis otomotif tersebut, sementara harga emas naik di tengah ekspektasi bahwa Federal Reserve akan mempertahankan nada dovish pada rapat kebijakan yang dimulai hari ini.

Spot paladium naik 0,3 persen pada $1.588,53 per ounce, setelah mencetak harga tertinggi sepanjang masa di $1.591,00 pada awal sesi hari ini.

“Permintaan telah menjadi narasi yang berkelanjutan untuk sementara waktu. Jadi, fundamentalnya kuat dan ada masalah defisit pasokan yang berkelanjutan,” kata Ilya Spivak, ahli strategi mata uang senior di DailyFX.

Harapan untuk lebih banyak stimulus ekonomi oleh otoritas China, pasar mobil terbesar di dunia, juga bisa menjadi katalis jangka pendek untuk pasar paladium, Spivak menambahkan.
Harga palladium naik hampir dua kali lipat sejak pertengahan Agustus terendah dan telah melonjak sekitar 26 persen untuk tahun ini.

Harga logam itu terus menguat meskipun penjualan mobil melemah karena berita bahwa Rusia mempertimbangkan larangan ekspor scrap dan tailing dapat memperketat pasar yang memang sudah ketat, tulis TD Securities dalam catatan mingguan.

Rusia adalah produsen utama paladium, yang digunakan terutama dalam konverter katalitik.

Sementara itu, harga emas spot naik 0,3 persen ke $1.306,76 per ounce, karena dolar AS mendekam di dekat posisi terendah dua minggu di sesi sebelumnya karena ekspektasi pasar yang tumbuh bahwa The Fed akan beralih ke sikap kebijakan yang lebih akomodatif. Harga emas berjangka AS naik sekitar 0,4 persen menjadi $1.306,80.

“Emas telah naik tipis dan pendorong utamanya adalah pelemahan dolar,” kata Margaret Yang, analis pasar CMC Markets di Singapura, menambahkan bahwa keputusan The Fed dan pemungutan suara Brexit bisa menjadi pendorong emas dalam jangka pendek.

“Jika Fed lebih dovish dari yang diharapkan, dolar kemungkinan akan bergerak lebih rendah, dan ada banyak ketidakpastian seputar Brexit dengan lindung nilai permintaan untuk keselamatan,” ujar Yang.

Rencana kerja Perdana Menteri Theresa May Brexit menjadi lebih kacau pada hari Senin ketika pembicara parlemen Inggris memutuskan bahwa dia tidak dapat menempatkan rancangan kesepakatan Brexit dari PM May pada sebuah pemungutan suara baru kecuali jika rancangan itu diajukan kembali dalam bentuk yang secara fundamental berbeda.

Emas acapkali digunakan sebagai aset investasi yang aman selama masa ketidakpastian politik dan keuangan.

Indikasi sentimen investor terhadap emas, kepemilikan SPDR Gold Trust, ETF yang didukung emas terbesar di dunia, naik sekitar 1,1 persen pada hari Senin, kenaikan persentase satu hari terbesar sejak 18 Januari.

PT. Kontak Perkasa Futures
PT. Kontak Perkasa
Kontak Perkasa Futures

Source : w w w . f o r e x s i g n a l 8 8 . c o m