PT. KONTAK PERKASA FUTURES MAKASSAR

Sri Mulyani Masih Mencerna Arah Kebijakan Donald Trump

sri-mulyani-masih-mencerna-arah-kebijakan-donald-trump-Da3

KONTAK PERKASA FUTURES – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengaku bahwa pemerintah masih melakukan observasi dan mengantisipasi arah kebijakan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump. Sebab, meski kabinet Trump belum terbentuk, namun dari beberapa pidatonya cukup memberikan dampak luar biasa terhadap global.

Dia mengungkapkan, dilihat dari beberapa pidatonya saat kampanye, Trump nampaknya telah menekankan akan mendahulukan kepentingan AS sendiri sebelum bergerak untuk bekerja sama dengan negara-negara di dunia.

Hal tersebut tentu harus dilihat secara mendalam, mengingat kepentingan Negeri Paman Sam belum tentu akan selalu sama dengan kepentingan global.

“Pidatonya Trump memberi tekanan besar bahwa kepentingan yang didahulukan adalah kepentingan AS sendiri. Itu menunjukan bahwa kepentingan AS tidak selalu sama dengan kebijakan global,” katanya di Gedung Kemenkeu, Jakarta, Senin (23/1/2017).

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini membeberkan, jika di pemerintahan sebelumnya AS menggunakan seluruh kekuatannya untuk kerja sama perdagangan dan investasi di luar negeri. Nampaknya, hal ini tidak berlaku lagi terhadap pemerintahan Trump saat ini.

Di Indonesia sendiri, kata Sri Mulyani, berbagai reaksi terjadi setiap hari sejak Trump menang dalam Pemilu di AS. Seperti saat ini, reaksi pasar justru menunjukkan terjadi penguatan rupiah terhadap USD.

Pasar pun, kata mantan Menko bidang Perekonomian in, masih terus mencerna arah kebijakan Trump. “Di Indonesia, market reaksi tiap hari juga. Kemarin excited, kemudian hari ini dolar melemah sehingga mata uang seluruh dunia menguat. Saya kira market dalam proses mencerna dan memahami itu artinya apa bagi mereka,” tutur dia.

Pemerintah, lanjut dia, melihat fenomena ini dari dua sisi yaitu arah kebijakan AS dan reaksi market terhadapnya. Sebab, dua hal tersebut akan berpengaruh terhadap ekonomi di dalam negeri.

“Di dalam negeri, perekonomian kita cukup besar maka konsentrasi terhadap perhatian ini mengharuskan kita terus investasi untuk perkuat ekonomi kita di dalam negeri, agar tidak mudah terombang ambing dari statement di market,” terangnya.

 

Simak juga : PT. KONTAK PERKASA FUTURES

Sumber : ekbis.sindonews