PT. KONTAK PERKASA FUTURES MAKASSAR

Tingkat Pengangguran Inggris Masih di Level Terendah 11 Tahun

KONTAK PERKASA FUTURES – Pengangguran Inggris berdasarkan data resmi tercatat berkurang mencapai 7.000 orang menjadi 1,6 juta dalam tiga bulan hingga Desember 2016, lalu. Artinya tingkat pengangguran Negeri Ratu Elizabeth -julukan Inggris- masih berada pada level terendah dalam 11 tahun yakni 4,8% menurut Kantor Nasional Statistik Inggris (ONS).

Seperti dilansir BBC, Rabu (15/2/2017) tingkat pekerjaan secara rata-rata lebih tinggi di level 74,6% atau menjadi rekor terbaik, ketika upah pekerja juga terus tumbuh selama periode tersebut. Rata-rata pendapatan karyawan baik termasuk bonus dan tidak tercatat meningkat 2,6% dibandingkan tahun lalu yang saat ini melewati inflasi.

“Pertumbuhan terus berlanjut secara moderat telah menyebabkan total lapangan pekerjaan berada di level tertinggi, sementara upah untuk pekerja perempuan telah mencapai 70% untuk pertama kalinya. Secara keseluruhan, pasar tenaga kerja terus merayap mencapai kapasitas penuh,” terang Statistik Senior ONS David Freeman.

Sementara data lain menunjukkan bahwa jumlah warga negara asing yang bekerja di Inggris mengalami peningkatan 233.000 menjadi 3,48 juta dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Ada peningkatan kecil jumlah pekerja yang lahir di luar Uni Eropa, tapi penurunan kecil terjadi dalam jumlah pekerja yang lahir di negara Uni Eropa lain.

Freeman mengatakan bahwa angka tersebut harus diperlakukan dengan hati-hati, namun dia menilai hal ini bukan merupakan perubahan musiman. Di sisi lain harga konsumen di Inggris naik 1,6% (YoY) pada bulan Desember 2016, lebih tinggi dari 1,2% pada November dan di atas ekspektasi pasar sebesar 1,4%.

 

Sumber : KONTAK PERKASA FUTURES
Simak juga : ekbis.sindonews