PT. KONTAK PERKASA FUTURES MAKASSAR

Wall Street turun setelah The Fed pertahankan suku bunga

KONTAK PERKASA FUTURES – Wall Street membalikkan keuntungan awal menjadi ditutup lebih rendah pada Rabu (Kamis pagi WIB), dengan ketiga indeks utama membukukan penurunan beruntun lima hari, karena Federal Reserve mempertahankan suku bunga tidak berubah setelah mengakhiri pertemuan dua hari.

Indeks Dow Jones Industrial Average turun 34,65 poin atau 0,20 persen menjadi berakhir di 17.640,17. Indeks S&P 500 kehilangan 3,82 poin atau 0,18 persen menjadi berakhir pada 2.071,50 dan indeks komposit Nasdaq berkurang 8,62 poin atau 0,18 persen menjadi 4.834,93.

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan setelah pertemuan itu, para pejabat Fed memberikan penilaian beragam tentang ekonomi AS, mengatakan, laju peningkatan pasar tenaga kerja telah melambat, sementara pertumbuhan dalam kegiatan ekonomi tampak telah meningkat sejak April.

The Fed terus bersandar ke arah kenaikan suku bunga, tapi dot plot Fed, yang berisi proyeksi suku bunga para pejabat Fed, menunjukkan bahwa enam anggota sekarang percaya hanya akan ada satu kenaikan suku bunga tahun ini, naik dari satu anggota pada Maret.

“Kehati-hatian semuanya lebih tepat, mengingat tingkat suku bunga jangka pendek masih mendekati nol, yang berarti bahwa kebijakan moneter dapat lebih efektif menanggapi tekanan inflasi kuat secara mengejutkan di masa mendatang daripada ke pasar tenaga kerja yang sedang melemah dan penurunan inflasi,” kata Ketua Fed, Janet Yellen, Rabu.

Di sisi ekonomi, Indeks Harga Produsen (PPI) untuk permintaan akhir meningkat 0,4 persen pada Mei, disesuaikan secara musiman, mengalahkan konsensus pasar, Departemen Tenaga Kerja AS melaporkan Rabu.

Sementara itu, produksi industri AS turun 0,4 persen pada Mei setelah meningkat 0,6 persen pada April, The Fed mengatakan Rabu.

Survei Empire State (Negara Bagian New York) pada Juni 2016 menunjukkan bahwa aktivitas bisnis tumbuh moderat untuk para produsen New York. Indeks utama kondisi bisnis secara umum naik lima belas poin menjadi 6,0.

Sumber: ANTARA